Senin, 06 Mei 2013

multimedia

materi appserver


Pendahuluan tentang AppServ
Appserv merupakan aplikasi yang berfungsi untuk  install beberapa program antara lain Apache, PHP, MySQL dalam waktu yang singkat. Banyak orang mengeluh-eluhkan tentang susahnya install Apache, PHP, MySQL. Dengan adanya AppServ, mempermudahkan orang untuk membuat web server dan database.
AppServ ini mempunyai beberapa versi antara lain : AppServ versi 2.5.9 , 2.5.10 , 2.6.0 (terbaru).
Tujuan aplikasi AppServ antara lain adalah mempermudah dalam membuat database dan membuat web server. Dalam membuat database biasanya yang digunakan adalah MySql dan dalam pembuatan skrip menggunakan pHp. Antara pHp dan MySql saling berhubungan disebabkan skrip pada pHp akan muncul pada halaman web dan dimasukan dalam MySql (database). Jadi awal pembuatan web, dilakukan menggunakan skrip html (untuk penampilan) dan skrip pHp untuk proses dari skrip html. Apabila kita mengetikan atau akan memasukan data kedalam database yang terhubung dengan web, pada halaman web browser kita masukan yang akan diinput dan kemudian akan diproses oleh pHp dan akan dimasukan kedalam database.

tutorial instalasi appserver

Belajar PHP sebenarnya tidak sulit, yang dibutuhkan adalah kesabaran dan pemahaman yang matang. Dan yang menjadi satu keharusan adalah, harus korban waktu dan mau latihan terus menerus.
Agar PHP bisa dijalankan di komputer atau laptop anda, maka kita harus memiliki sebuah perangkat lunak yang terinstall didalamnya. Dalam hal ini saya menggunakan APPSERV dan bisa anda unduh.
Tutorial bagian 1 ini menjelaskan kepada anda, step-by-step instalasi APPSERV.

Klik 2x pada icon APPSERV yang sudah anda download


Pilih Next

Pilih I Agree

Default nya akan di install di C. Dalam contoh saya pindahkan ke drive D. Kemudian pilih Next

Pilih semua package yang disediakan, kemudian Next

Pada Server Name isikan: localhost
Pada Administrator Email isikan: admin@localhost
Apache http port tetap 80, kemudian Next

Pada Enter root password isikan yang mudah diingat saja. Dalam contoh saya isikan: 1234 begitu juga pada isian dibawahnya. Kemudian Install

Proses instalasi sedang berlangsung.. :)

Jika pada saat proses instalasi sedang berlangsung tampil seperti ini, pilih Unblock

Proses instalasi sukses dan selesai. Pilih Finish
Untuk mengetahui bahwa APPSERV telah berhasil terinstall dan berjalan normal, kita cek dulu dengan cara sebagai berikut:

Buka browser anda dan isikan alamat di address bar dengan localhost kemudian Enter dong :)

Jika tampil seperti ini, artinya komputer atau laptop anda sudah terinstall APPSERV.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar